PENTINGNYA PROBIOTIK DALAM PEMBESARAN IKAN LELE

Anda sedang bingung ingin memulai usaha apa? Apakah Anda tertarik menghasilkan uang dari ikan lele? Jika Anda sudah mulai tertarik, pastinya akan mempersiapkan lahan untuk kolam dan sebagainya. Namun, jika kolam sudah ditebar bibit, lalu bagaimana membesarkannya agar saat dipanen mampu memberi hasil yang diidamkan?

Siapa yang tidak mengetahui ikan lele, ikan ini ialah ikan favorit untuk sebagian besar orang sebab mempunyai rasa yang enak dan mempunyai tekstur yang lembut pada dagingnya. Akan tetapi, nyatanya lele dianggap kotor oleh banyak orang dan tidak layak untuk diberi perhatian lebih. Padahal jika dilihat dari sudut pandang bisnis, prospek dari ikan lele tidak ada matinya. Ikan lele hampir dapat ditemui di berbagai jenis tempat makan, dari restoran sampai ke warung tegal sekalipun, ikan lele menjadi primadona untuk pecinta kuliner. Ikan lele bisa diolah menjadi pecel lele, lele goreng, lele bakar, dan lain-lain.

Dewasa ini, makin banyak orang yang mulai penasaran dan ingin berternak lele karena melihat prospek yang menjanjikan tersebut. Namun banyak sekali pembudidaya ikan lele merasakan kebingungan mengenai cara yang tepat dalam membesarkan ikan lele mereka.



Pemberian probiotik merupakan hal yang esensial jika ingin mengetahui ikan lele yang dapat tumbuh besar nan sehat. Untuk mendapat hasil panen yang memiliki kualitas prima, pemberian probiotik mampu membuat tumbuh kembang ikan lele menjadi cepat sehingga bisa segera dipanen. Ikan juga akan seragam bentuknya dan tidak berbau lumpur. Ternak lele dengan menggunakan probiotik yang dicampur dengan pakan lele akan membuat metabolism dari ikan akan sempurna dan system pencernaannya pun sehat. Hampir semua pakan yang dikonsumsi ikan akan menjadi daging dari ikan lele tersebut.

Terdapat dua cara dalam memberikan probiotik yang bisa dilakukan peternak lele untuk memaksimalkan hasil panen kolamnya. Yang pertama, probiotik untuk membuat dasar kolam menjadi lebih gembur dan juga bisa membuat kualitas air kolam tetap tinggi. Probiotik hanya diguyurkan ke kolam setiap pagi dalam dua minggu sekali agar air tetap berkualitas dan kolam menjadi penuh dengan plankton. Yang kedua adalah probiotik digunakan untuk memicu tumbuh kembang ikan sekaligus menjadi antibiotic ikan sehingga terhindar dari stress. Probiotik dicampurkan dengan pakan.

Probiotik menjadikan kolam menjadi lebih sehat dan juga membuat ikan menjadi lebih prima karena terdapatnya kandungan mikroba baik. Probiotik juga akan membuat pesatnya pertumbuhan ikan karena merangsang nafsu makan dari si ikan lele. Probiotik bisa dibilang sebagai benteng diri ikan. Probiotik layaknya imunisasi bagi ikan lele, membuatnya kebal dari serangan berbagai macam penyakit.

Dengan memberikan probiotik, budidaya lele menjadi lebih cepat sekitar sepuluh hari. Probiotik cukup diberikan sekitar setengah gelas standar per harinya untuk 1000-1500 lele di dalam kolam. Awalnya, rendam pellet ke dalam larutan probiotik selama 10 detik. Setelah itu, berikan pakan bercanmpur probiotik tadi ke dalam kolam.

Probiotik merupakan larutan yang berisi mikroba positif yang hidup dan tersusun dari bakteri-bakteri positif yang mendukung pertumbuhan ikan lele. Menurut studi yang dilakukan di Thailand, probiotik mampu menekan presentase kematian ikan menjadi 5,2% dan meningkatkan berat ikan menjadi naik sebesar 46,3%. Probiotik mampu menjadi imun untuk meningkatkan daya tahan ikan lele sehingga bisa dipastikan ikan lele akan dipanen dalam kondisi yang sehat sehingga terjaga kualitasnya yang berdampak pada larisnya permintaan ikan lele Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »